Pantocrator

Pantocrator
Dominus Iesus

Tuesday, September 22, 2009

Tujuh Patriak Katolik Timur Bertemu Paus Benediktus XVI

VATICAN CITY, SEPT. 18, 2009 (Zenit.org).- Tujuh Patriak Katolik Timur akan bertemu dengan Benediktus XVI pada hari Sabtu (19/09/09) untuk berbicara tentang hubungan Katolik Timur dengan Islam dan isu-isu lain yang mempengaruhi Gereja-gereja Katolik Timur di wilayah tersebut.

Menurut Radio Vatikan, topik diskusi lain yang akan dibicarakan adalah peningkatan fundamentalisme di Timur Tengah dan situasi yang dihadapi oleh umat Kristen di sana, begitu juga masalah pentingnya dialog dengan kaum Muslim, kemudian tentang legislasi Patriak Katolik Timur dalam Gereja Universal serta yurisdiksi eklesial di Kuwait dan negara-negara di wilayah Teluk Persia.

Delegasi para Patriak tersebut terdiri dari Patriak Maronite, Nasrallah Sfeir; Patriak Katolik Armenia, Nerses Bedros XIX; Patriak Siro-Katolik, Ignace Youssef III Younan; Patriak Melkite, Gregory III; Patriak Kaldean, Emmanuel III Delly; Patriak Latin di Yerusalem, Fouad Twal; dan Patriak Koptik, Antonios Nagib.

Menghadapi isu negara-negara Teluk, para Patriak tersebut akan mendiskusikan dengan Bapa Suci dinamika perubahan Gereja-gereja di negara-negara tersebut sehubungan dengan ribuan orang-orang Kristen yang beremigrasi keluar dari wilayah tersebut.

Menurut kantor berita AsiaNews, selama keberadaan mereka di Roma, para Patriak tersebut akan menghadiri pertemuan pendahuluan untuk sinode para Uskup yang akan bersidang khusus membahas isu di Timur Tengah yang akan diadakan tahun depan.

*) Diterjemahkan oleh Leonard T. Panjaitan dari judul asli: Eastern Catholic Patriarchs to Meet With Pope

No comments: