Pantocrator

Pantocrator
Dominus Iesus

Monday, October 5, 2009

Paus Angkat Tiga Uskup Baru Vietnam

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Benedictus XVI telah mengangkat tiga uskup baru untuk Vietnam. Para uskup baru itu diberi tanggung jawab untuk mempererat hubungan dengan pemerintah komunis Vietnam.

Pernyataan resmi Vatikan, Sabtu (25/7), menyebutkan, ketiga uskup baru itu adalah Mgr Joseph Vu Duy Thong untuk Keuskupan Phan Thiet, Mgr Pierre Nguyen Van De untuk Keuskupan Thai Binh, dan Joseph Nguyen Nang untuk Keuskupan Phat Diem.

Bulan lalu, Paus Benediktus menyampaikan harapannya yang besar untuk terjalinnya hubungan yang lebih sehat antara Gereja Katolik Roma dan pemerintah Vietnam. Di Vietnam, jumlah umat Katolik mencapai enam juta orang, dan termasuk jumlah terbanyak di Asia.

Ketegangan antara umat beriman --sebutan untuk penganut Katolik-- dan pemerintah sudah berlangsung lama, sejak 1954. Pemerintah mengawasi dengan ketat umat Katolik. Pemerintah juga selalu menolak pengangkatan pemimpin gereja.

Akan tetapi, akhir-akhir ini hubungan antara Gereja Katolik dan pemerintah itu makin cair. Perdana Menteri Nguyen Tan Dung bahkan menemui Paus ketika ia mengunjungi Vatikan pada tahun 2007. Tan Dung adalah pemimpin tertinggi negeri itu yang pernah bertemu Paus.

Awal pekan ini kantor berita Asia News mengutip pernyataan Kardinal Pham Minh Man yang menyatakan bahhwa Presiden Vietnam akan bertemu Paus di Vatikan pada bulan Desember mendatang.

Sabtu, 25 Juli 2009 | 21:19 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com-  http://internasional.kompas.com/read/xml/2009/07/25/21195962/paus.angkat.tiga.uskup.baru.vietnam

No comments: