Pantocrator

Pantocrator
Dominus Iesus

Sunday, November 21, 2010

Paus Benediktus XVI: Kondom Dibolehkan Asal...

Paus Benediktus XVI mengeluarkan pernyataan, Sabtu (20/11/2010), mengenai penggunaan kondom. Ini menunjukkan terlihatnya perubahan sikap Gereja Katolik Roma soal penggunaan kondom.

Benediktus menyatakan bahwa penggunaan kondom dibolehkan atas beberapa kasus untuk mencegah penyebaran AIDS. Pernyataan ini dikeluarkan sebagai bentuk pembolehan pihak gereja terutama sikap mereka selama ini yang menentang penggunaan alat kontrasepsi artifisial termasuk kondom.

"Ada banyak kasus khusus di mana penggunaan (kontrasepsi) dibolehkan. Sebagai contoh ketika seorang prostitusi dan ini akan menjadi langkah awal dari sikap moral yaitu tanggung jawab untuk menghidupkan kepedulian bahwa tak semuanya dibolehkan dan tak seorang pun boleh melakukan sesuatu sesuka hati mereka," kata Benediktus.

Analisis Senior Vatikan CNN, John Allen, menyatakan komentar Benediktus ini tak mengubah kebijakan pejabat Vatikan namun ini menunjukkan sikap kepausan yang fleksibel gereja atas kontrasepsi.

"Saya kira apa yang ingin dikatakannya adalah ketika seseorang menggunakan kondom tidak akan mencegah lahirnya kehidupan baru di mana ini selalu jadi perhatian Gereja Katolik Roma namun mencegah penyebaran penyakit lebih baik," jelas Allen. (Widyabuana/Tribunnews)


21 Nov 2010
Source:http://health.kompas.com/index.php/read/2010/11/21/18322522/Paus.Benediktus.XVI.Kondom.Dibolehkan.Asal...-8

No comments: