Pantocrator

Pantocrator
Dominus Iesus

Monday, July 27, 2009

PERLUASAN GEREJA MARIA ASSUMPTA BABARSARI PAROKI KRISTUS RAJA BACHIRO, YOGYAKARTA

PROPOSAL PENCARIAN DANA

Ketika Roh Kudus, Roh Allah menyapa siapakah yang bisa berdiam diri? Ia selalu terdorong untuk bertindak menuruti kehendak Roh itu. Karena dorongan Roh Kuduslah, para Rasul berkata-kata dan berani mewartakan kabar suka cita tentang Kerajaan Allah yang diajarkan Kristus. Kira-kira demikianlah suasana kerinduan hari para jemaat Babarsari, untuk mengembangkan Kerajaan Allah. Roh Allah itu pulalah yang mendorong mereka untuk mendirikan rumah ibadat, tempat berkumpulnya umat Allah di Babarsari.


Februari 1991 Dewan Stasi Santo Florentinus Babarsari mengeluarkan SK No 04 FBRS/X/90 serta memberi mandat kepada Panitia Pembangunan Gereja. Pada tanggal 15 Agustus 1994 dimulai peletakan batu pertama oleh Bapak drs, Arifin Ilyas, Bupati Kepala Daerah Tk. II Sleman disaksikan oleh Vikjen Keuskupan Agung Semarang mewakili Uskup Keuskupan Agung Semarang. Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari berdirinya Gereja Maria Assumpta, Stasi Florentinus Babarsari, Paroki Kristus Raja Baciro, Yogyakarta.


Rupanya, umat percaya bahwa Allah yang telah memulai karyaNya akan menuntun dan menyelesaikannya. Paling tidak dalam perjalanan Gereja setempat, nampak dan terasa kerjasama Allah dan GerejaNya. Semangat kerjasama, saling membantu, dan melalui perjuangan dan pengorbanan akhirnya pada tanggal 16 Februari 2003 Gereja Maria Assumpta diresmikan dan dipakai umat Babarsari sarnpai sekarang.


Gereja tersebut dibangun lengkap dengan pastoran dan ruangan untuk aktivitas umat termasuk mahasiswa Katolik yang berdomisili di sekitarya. Seiring dengan perkembangan wilayah dan tumbuhnya kampus-kampus perguruan tinggi dengan mahasiswanya yang datang dan berbagai daerah di Indonesia, Gereja Maria Assumpta Babarsari dengan reksa pastoralnya menjadi penyanggga kegiatan umat dan mahasiswa dan mempertajam visi latihan dan pengembangan dalam pembentukan karakter kader-kader Katolik, kaum muda, mahasiswa di masa depan. Dengan dernikian fungsi gereja menjadi nyata menjamin kebutuhan umat dimana tidak menutup diri terhadap masyarakat luas.


Gereja Maria Assumpta sangat menaruh perhatian khususnya kepedulian terhadap generasi muda dan mahasiswa terkait dengan iman dan kehidupan moralnya yang perlu mendapatkan pendampingan terus menerus agar menjadi kader-kader Katolik yang bertanggung jawab di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang.


Maka gereja sebagai pusat pelayanan dalam lingkungannya tentu memerlukan fasilitas pendukung gereja. Demi terlaksananya kegiatan tersebut, Panitia Perluasan atas persetujuan dan ijin Mgr. Ign. Suharyo Uskup Agung Semarang, pada tgl 15 Desember 2008 telah melaksanakan pembelian tanah seluas 2082 m2 yang letaknya bersebelahan dengan lahan Gereja Maria Assumpta sebelah Tirnur, dengan harga Rp. 1.250.000/m2.


Pembayaran kepada Pemerintah Daerah telah diselesaikan secara kontan pada tanggal yang sama sejumlah 2082 x Rp. 1.250.000 = Rp. 2.801.650 000.


Jumlah tersebut dihimpun dan beberapa sumber dana dengan rincian sbb:

Harga tanah Rp. 2.801.650.000

Biaya sertifikasi Rp. 3.000.000

____________

Rp. 2.804.650.000

Surnbangan dari donatur Rp. 1.376.650.000

Pinjaman jangka pendek (3 bulan) Rp. 1.428.000.000


Pinjaman jangka pendek tersebut harus diangsur selama 3 (tiga) bulan, sampai dengan tanggal jatuh tempo 15 Maret 2009.


Waktu 3 bulan untuk mengumpulkan sejumlah itu tidak gampang bahkan mustahil. Tetapi kita harus percaya bahwa bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Tuhan akan menggunakan caranya sendiri untuk melaksanakan kehendak Nya. Benar, cara Tuhan sangat misterius, kita tidak tahu apa-apa karena begitu kerdilnya kita dibandingkan dengan Tuhan. Yang diperlukan kerjasama kita.


Jumlah yang kelihatan besar itu, akan menjadi kecil dan ringan apabila kita tanggung bersama.


Han ini, kembali Roh Allah yang Kudus akan menerangi dan membuka hati Bapak/Ibu dan siapa saja untuk ikut serta memikul kebutuhan dana bersama, dan bersedia menjadi donatur. Partisipasi Bapak/lbu/Saudara sangat diharapkan.


Sumbangan dapat diberikan secara tunai melalui Panitia atau ditransfer rnelalui Rekening Bank:

  1. Tabungan BANK NIAGA

Jl. Jendral Sudirman, Yogyakarta

No-Rek : 018-01-00156-17-9

An, PGPM GEREJA ST. PETRUS RASUL

BACIRO, YOGYAKARTA

Pan Bang Gereja Babarsari

Romo Gregorius Suprayitno Pr atau Odilia Sumarini


2. Tabungan BANK BCA

KCP Urip Sumohardjo, Yogyakarta

No-Rek : 4560759229

An. PGPM GEREJA ST. PETRUS RASUL

BACIRO, YOGYAKARTA

Pan Bang Gereja Babarsari

Romo Gregorius Suprayitno Pr atau Odilia Sumarini


PANITIA


Ketua : EV Budiadi, Hp. 081578507884

Sekretaris : Br. Bambang Sumanto, Hp. 081802678426

Bendahara : Odifia Sumarini, Hp. 08164268559

Pastor Paroki Kristus Raja Baciro, Yogyakarta

Rm. G. Suprayitno Pr

Rim G. Kriswanta Pr

Sekretariat:

Gereja Maria Assumpta

Jl..Inspeksi, Babarsari, telp. 0274 - 487202

Yogyakarta

No comments: